News Ticker

Menu

Matahari ternyata bewarna Putih

Matahari bewarna putih
Diambil dari NASA

Sejak zaman dulu hingga sampai sekarang, manusia selalu percaya bahwa Matahari bewarna kuning / oranye. Pasti saat anda TK atau saat kecil, anda selalu mengambar matahari dengan warna kuning / oranye dan biasanya dengan dua gunung tidak lupa dengan awan ( dan saya pun sudah pasti juga ). Manusia selalu percaya bahwa apa yang mereka lihat adalah kenyataan padahal banyak sekali faktor yang membuat kenyataan menjadi ilusi dan ilusi menjadi kenyataan, entah itu ilusi optik, halusinasi dll.
Nah sekarang pertanyaannya, apakah Matahari bewarna kuning ?
[ SiapKaget.Blogspot.com ] Jika kita lihat dari bumi ini, matahari terlihat bewarna kuning menyala dan kita berpikir matahari sangat panas ( ini betul dan sudah jelas ) jadi pasti bewarna kuning kemerahan ( ini bisa betul dan salah, tergantung ).

Padahal sebenarnya warna matahari adalah Putih ( tidak terlalu putih, buat yang pro web design warna matahari adalah #fff5f2, dengan perbandingan #ffffff adalah putih polos ), Hah ? Tidak percaya ?

Nah coba kita pikir pikir.

Q : Berapa Suhu Matahari  ?
A : Suhu Matahari rata rata ( suhu inti dan permukaan berbeda ) sekitar 6000 K

Matahari yang memiliki suhu setinggi itu sudah pasti bewarna putih. Alasan kita melihat matahari bewarna kuning adalah karena atmosfir bumi kita, yang membuat cahayanya menjadi bewarna kuning. Jadi Matahari sebenarnya hanyalah bintang putih ( tidak putih tapi hampir putih ) karena saking tingginya panas yang dihasilkannya ( cahaya hanya hasil samping dari reaksi fisi dan fusi di matahari ) jadi sudah jelas kan sekarang ?



Share This:

Alief Rezky

Namaku Alief Rezky. Terimakasih karena telah mengunjungi blog saya.

No comment on " Matahari ternyata bewarna Putih "

  • Untuk menambahkan emoticon Tunjukkan Icon
  • Untuk menambahkan kode, gunakan [pre]kode disini[/pre]
  • Untuk menambahkan gambar, gunakan [img]Alamat-gambar[/img]
  • Untuk menambahkan video youtube tinggal paste link videonya seperti http://www.youtube.com/watch?yyyyy