News Ticker

Menu

Manusia bisa dijajah oleh Robot di 2045

Manusia dijajah mesin di 2045 ?



Pernahkah kalian menonton film seperti Artifical Integelence atau Terminator ? Di film itu sama sama dikisahkan tentang robot dan manusia. Meskipun kedua film itu sangat berbeda, tapi apakah kalian pernah berpikir atau berandai, apakah di masa depan akan seperti itu ? Apakah film seperti Terminator menjadi kenyataan dimana manusia harus bertempur dengan mesin buatannya ?
Itu dikarenakan manusia telah hidup dunia di mana mesin atau teknologi telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan dan mungkin menjadi pengganti bagian tubuh manusia yang hilang atau rusak.

Ahli fisika Louis Del Monte meyakini pada 2045 mendatang mesin akan menguasai dunia. Tidak hanya itu, mesin-mesin itu juga akan mengancam kelangsungan hidup manusia.

Hanya 30 tahun dari sekarang, spesies teratas di Bumi bukan lagi manusia. Itu adalah peringatan yang dikeluarkan ahli fisika terkenal Louis Del Monte yang meyakini, kecerdasan buatan atau ( Artificial Intelligence AI) akan mengancam kelangsungan hidup manusia.

Del Monte juga percaya suatu saat kelak, manusia akan menjadi cyborg yakni makhluk setengah manusia dan setengah mesin. Hal ini bukan isapan jempol. Terdapat proyek dimanana yang jadi kelinci percobaan diberi implan berkode 666. Bagi yang memeiliki seperti itu bisa bebas kemana saja dengan fasilitas yang istimewa. Pembuatan Cyborg sudah didalaam tahap kedua untuk menyempurnakan produk sebelumnya berdasarkan kesaksian oleh orang perusahaan Intel.Cyborg diperlukan karenakan manusia telah hidup dunia di mana mesin telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan, dan menjadi pengganti bagian tubuh manusia yang hilang atau rusak atau mungkin memperkuat manusia menajdi maklhuk tak tertandingi ?.

Ketergantungan manusia terhadap mesin meningkat lebih dari sebelumnya. Sebab, mesin-mesin itu dapat meningkatkan produktivitas kerja, membuat terobosan dalam teknologi kedokteran dan meningkatkan kualitas hidup manusia.

Tapi penulis buku 'The Artificial Intelligence Revolution' ini mengkhawatirkan satu fenomena masa depan yang lebih dahsyat. Yakni manusia mungkin akan dijajah oleh mesin. Mesin menjadi lebih cerdas daripada manusia. Mesin, dalam hal ini robot, mungkin melihat manusia sebagai ancaman dan berbahaya. 

Berbicara kepada Business Insider, Del Monte mengatakan saat ini tidak ada kepastian tentang seberapa cerdas dan saling terkoneksinya mesin.

"Jika itu berlanjut, kita akan melihat tren eksponensial. Kita akan mencapai kerangka waktu di mana para ahli sudah memprediksi sebelumnya di mana spesies teratas di Bumi bukan lagi manusia, tapi mesin," kata dia.

Del Monte memperingatkan, saat itu mesin akan mulai mendapatkan kemampuan untuk melindungi diri mereka sendiri dan melihat manusia sebagai musuh.Dia memprediksi bahwa antara 2040-2045 mesin akan mengalahkan kecerdasan manusia.
"Tanda-tandanya adalah bahwa mereka juga belajar mempertahankan diri," kata Del Monte. "Apakah mereka menyadari itu atau tidak menjadi satu titik yang diperdebatkan"

Menurut anda bagaimana Pengunjung SiapKaget ? Apakah mesin akan benar-benar melampui kecerdasan manusia sesuai perkiraan Del Monte ? Melihat tren dimana manusia sangat ingin dimanja oleh Teknologi, hal tersebut bukanlah mustahil dan mungkin benar benar akan terjadi. Tapi, semoga hal tersebut tidak terjadi :)
Inspirasi : Dream.co.id

Share This:

Post Tags:

Alief Rezky

Namaku Alief Rezky. Terimakasih karena telah mengunjungi blog saya.

No comment on " Manusia bisa dijajah oleh Robot di 2045 "

  • Untuk menambahkan emoticon Tunjukkan Icon
  • Untuk menambahkan kode, gunakan [pre]kode disini[/pre]
  • Untuk menambahkan gambar, gunakan [img]Alamat-gambar[/img]
  • Untuk menambahkan video youtube tinggal paste link videonya seperti http://www.youtube.com/watch?yyyyy